Kepala SMK Negeri 1 Dawuan, Ibu Hj. R. Eris Garini, S.Pd., M.I.Kom. menginisiasi suatu inovasi berupa Program Kerja bernama PROPESI KERASAN. Apa itu PROPESI KERASAN?

PROPESI KERASAN adalah Program Pelatihan Siap Kerja SMKN 1 Dawuan. Program ini ditujukan untuk Siswa/i Kelas XII agar siswa/i kelas XII memiliki kesiapan menghadapi dunia kerja dengan memiliki tiga keterampilan yaitu Hard Skill, Life Skill dan Soft Skill. Setelah gagasan program ini diutarakan oleh Kepala Sekolah, maka program dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan oleh tiga bidang Wakasek, yaitu Wakasek Humas, Wakasek Kurikulum dan Wakasek Kesiswaan.

Program ini mulai dijalankan pada Bulan November 2023 dan rencananya sampai akhir April 2024 (sebelum siswa/i kelas XII dinyatakan lulus). Adapun bentuk kegiatan dari PROPESI KERASAN ini, diantaranya:

  1. Hard Skill
  2. Pelatihan Komputer oleh Guru PKWU.
  3. Penguatan Numerasi (soal-soal Psikotest) oleh Guru Matematika.
  4. Membuat Lamaran Kerja dan Wawancara Kerja oleh Guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Life Skill
  • Literasi Keuangan oleh Ahli Keuangan.
  • Kesemaptaan oleh TNI AD dan GTK SMKN 1 Dawuan.
  • Bimbingan Karir oleh Guru BK, HRD Perusahaan, Pengusaha, Orangtua Siswa, LPK dan Perguruan Tinggi.
  • Workshop Gaya Hidup Sehat (persiapan Medical Check Up) oleh Dokter Puskesmas.
  • Soft Skill
  • Peningkatan Komunikasi (Public Speaking) yaitu Siswa/i kelas XII menjadi Pembina Apel setiap Selasa, Kamis dan Jum’at bergiliran setiap kelasnya.
  • Pembiasaan GLS dengan tema/ materi yang disesuaikan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis, penyelesaian masalah, kreatif, inovatif dan kolaborasi

Para siswa/i telah menjalankan program ini secara serius dan sungguh-sungguh. Daftar hadir dibuat pula terpisah masing-masing kegiatan guna melihat keefektifan dari tiap kegiatannya. Kegiatan yang telah dijalankan yaitu Public Speaking, GLS dan Kesemaptaan dari awal Bulan November 2023 sampai saat ini. Sistem Blok untuk Pelatihan Komputer, Numerasi, Pembuatan Lamaran Kerja dan Wawancara Kerja, Bimbingan Karir dan Kesemaptaan oleh TNI AD dilaksanakan mulai tanggal 15 – 26 Januari 2024.

Kegiatan yang melibatkan guru tamu/ pemateri dari luar sekolah direncanakan dilaksanakan sekitar Bulan April 2024 setelah pelaksanaan Uji Kompetensi dan Ujian Sekolah.

32 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *