Humas

Wakil

Kepala Sekolah

Bidang Hubungan Masyarakat

WAKA HUMAS adalah

Hubungan Masyarakat atau sering dibilang HUMAS adalah Suatu fungsi yang dibentuk dilingkungan sekolah dengan tujuan menjembatani SMK dengan Industri dan masyarakat luas dalam memberikan layanan jasa Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), Bursa Kerja Khusus (BKK) dan informasi sesuai fungsi dan tugas sekolah.

Profil

Nama Lengkap dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas ini adalah Wulan Novitasari Suheri. Beliau dilahirkan di Bandung, 26 November 1989. Sejak lahir sampai beliau berusia 10 tahun, bertempat tinggal di Bumi Citeureup Permai – Cimahi Bandung dan memasuki kelas 4 SD, beliau mengikuti orangtuanya pindah ke Desa Tanggulun Timur, Kalijati – Subang. Menyelesaikan pendidikan di SD Negeri Tanggulun pada tahun 2002, SMP Negeri 1 Kalijati pada tahun 2005, SMA Negeri 1 Subang pada tahun 2008 dan Universitas Pendidikan Indonesia prodi Bimbingan dan Konseling pada tahun 2013.

Ibu satu anak ini memiliki hobi menonton, membaca, menulis dan berorganisasi. Semenjak SMP beliau sangat aktif berorganisasi dengan menjadi Wakil Ketua OSIS, Ketua Perpustakaan, Ketua IRMA dan Ketua Pencak Silat Putri. Saat SMA beliau hanya mengikuti organisasi IRMA. Dan pada saat beliau kuliah, keinginan berkecimpung dalam organisasi mulai tumbuh kembali, pada saat itu beliau menjadi Staff Kesekretariatan di HMJ PPB (2009-2010), Ketua Komisi V di DPMJ PPB (2010-2011), Staff Bendahara Umum di Koperasi Mahasiswa BS UPI (2009-2010), Staff Personalia di Koperasi Mahasiswa BS UPI (2010-2011), dan Kabid Personalia di Koperasi Mahasiswa BS UPI (2011-2012). Saat berkuliah, beliau tidak hanya sekedar berkuliah saja, tetapi mengikuti organisasi dan mencari pekerjaan sampingan yaitu menjadi Tele Marketing di Telkom dan penjaga wartel di KOPMA BS UPI, dan terkadang menjadi Tester Psikotest dari Lab PPB UPI ke sekolah-sekolah di berbagai kabupaten di Jawa Barat.

Sehari setelah sidang skripsi, beliau dipanggil untuk mengikuti wawancara kerja di PT Pelita Cengkareng Paper – Cipeundeuy Subang untuk posisi MT Recruitment. Pada saat itu, beliau ingin mencari pengalaman selain di dunia pendidikan. Tak menyangka sebelumnya, dengan bermodalkan pengalaman Tester Psikotest dari Lab PPB UPI, akhirnya beliau diterima di perusahaan kertas ternama dan karirnya terus meningkat di perusahaan tersebut dari posisi MT Recruitment (2013-2014), Kepala Seksi HRD (2014-2018), Kepala Bagian HRD & GA (2018 – 2020). Pada akhirnya beliau lulus tes CPNS sebagai guru BK yang ditempatkan di SMK Negeri 1 Dawuan, dan akhirnya beliau harus resign dari perusahaan tersebut.

Berkecimpung di dunia pendidikan memang tujuan beliau, karena bagaimanapun beliau ingin kembali kapada basic pendidikannya yaitu S1 Bimbingan dan Konseling. Januari 2021, beliau pertama kali mengajar sebagai Guru Bimbingan dan Konseling. Selain menjadi guru BK, beliau diamanahi menjadi Ketua BKK SMKN 1 Dawuan. Saat menjadi Ketua BKK, beliau terus mengembangkan berbagai program dengan mengadakan bimbingan karir bagi calon alumnus, tercapainya 100% tracer study untuk tiga tahun lulusan terakhir, pemasaran, penyaluran dan penempatan lulusan.

Pada Awal Semester Tahun Ajaran 2022/2023, beliau diamanahi tugas baru yaitu menjadi Wakasek Kesiswaan. Sungguh ini adalah amanah baru dan tantangan baginya. Tetapi beliau yakin dengan didukung oleh staff yang luar biasa kompetensinya dan saling berkolaborasi satu sama lain, inshaa allah program kesiswaan dapat terlaksana dengan baik. Moto hidupnya adalah “Talk Less Do More”, sedikit bicara banyak bekerja.

uraian tugas

1. Membuat dan Menyusun :
a. Program dan laporan Kunjungan DUDIKA;
• Perencanaan kunjungan DUDIKA;
• Pelaksanaan kunjungan DUDIKA;
• Laporan kunjungan DUDIKA;
• Evaluasi kunjungan DUDIKA.
b. Program dan laporan Magang Guru di DUDIKA;
• Perencanaan program magang guru di DUDIKA;
• Pelaksanaan program magang guru di DUDIKA;
• Laporan magang guru di DUDIKA;
• Sertifikat magang guru di DUDIKA; • Laporan evaluasi magang guru di DUDIKA.
c. Program dan laporan guru tamu dan instruktur;
• Perencanaan pengadaan guru tamu dan instruktur;
• Pelaksanaan;
• Laporan hasil pelaksanaan;
• Evaluasi dan RTL.
d. Program dan laporan MOU;
• Daftar rencana MOU dari bidang Pendidikan;
• Daftar rencana MOU dari bidang non Pendidikan;
• Daftar rencana MOU dari DUDIKA;
• Pelaksanaan;
• Laporan pelaksanaan;
• Evaluasi dan RTL.
e. Program dan Laporan BKK;
• Perencanaan BKK;
• Pelaksanaan;
• Laporan;
• Evaluasi dan RTL.
f. Program Kerumahtanggan;
• Perencanaan;
• Pelaksanaan;
• Laporan;
• Evaluasi dan RTL.
g. Program Media Sekolah;
• Website sekolah;
• Sosial media;
• Google map;
• Media luar ruang;
• Sertifikat, kalender Pendidikan, PPT.
h. Program dan laporan rapat sekolah ;
• Rapat koordinasi unit Humas dan DUDIKA;
• Rapat monev bulanan setiap minggu terakhir.
2. Melaksanakan semua program kegiatan;
3. Melakukan monev pelaksanaan program;
4. Melakukan pelaporan hasil monev tiap akhir bulan melalui rapat evaluasi.

Prakter Kerja Lapangan

Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya

BKK

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

MOU

MoU adalah pernyataan kesepakatan antara dua belah pihak atau lebih yang berbentuk dokumen dan ditulis secara formal. MoU bersifat sementara atau semacam prakontrak, sebelum surat kontrak yang sebenarnya disusun. Tujuan MoU adalah untuk memastikan kesepakatan antara pihak yang ingin bekerja sama.

DUDIKA

Dudika adalah kepanjangan dari Dunia Usaha dan dunia Industri Kerja. meruapakan suatu tempat para siswa siswi melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

Jika kalian ingin bertanya silahkan klik tombol dibawah ini