Kurikulum

Wakil

Kepala Sekolah

Bidang Kurikulum

WAKA kurikulum adalah

Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya Kurikulum adalah rencana pembelajaran. Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat dan berkaitan langsung dengan fungsi kurikulum ini wajib memahaminya.

Profil

Fauziah ialah anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir di Subang pada 21 Oktober 1990 dari pasangan Bapak Wardiyo dan Ibu Nurwati Hertawan. Pendidikan yang pernah ditempuh yaitu TK Angkasa Kalijati (1995-1996), SD Negeri Angkasa 4 Kalijati (1996-1998), SD Negeri Karangsari Kalijati (1998-2002), SMP Negeri 1 Kalijati (2002-2005), dan SMA Negeri 2 Subang (2005-2008). Setelah lulus dari sekolah menengah, meneruskan studi di Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Program Studi Bimbingan dan Konseling (2008-2013).


Prestasi yang pernah diraih diantaranya mengikuti lomba menggambar TK tingkat nasional, memperoleh peringkat 10 besar di kelas (SD), memperoleh peringkat 5 besar di kelas (SMP dan SMA), juara 1 Olimpiade Astronomi SMA tingkat kabupaten (2006), mengikuti seleksi Olimpiade Astronomi SMA tingkat provinsi (2006), juara 5 Olimpiade Astronomi SMA tingkat kabupaten (2007), dan mewakili sekolah sebagai Pelajar Teladan pada 2006. Kegiatan ekstrakurikuler atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang pernah diikuti adalah English Club SMA Negeri 2 Subang selama satu tahun (2005-2006), UKM Senam Universitas Pendidikan Indonesia (2009-2013), dan UKM Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa LEPPIM Universitas Pendidikan Indonesia selama 3 bulan (2010).


Organisasi yang pernah diikuti di antaranya:

(1)  Rohis Al Banna SMA Negeri 2 Subang (2005-2007) sebagai anggota,

(2)  Lembaga Dakwah Kampus UKDM (Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa) Universitas Pendidikan Indonesia sebagai anggota,

(3)  Bina Kader (Binder) Program Tutorial PAI Universitas Pendidikan Indonesia (2008-2009) sebagai anggota,

(4)  ICT Merdeka Universitas Pendidikan Indonesia sebagai editor selama dua bulan (2009), dan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) se-Kabupaten Subang sebagai Sekretaris (sejak 2014)

uraian tugas

1. Membuat dan menyusun :
a. Kurikulum Operasional Sekolah (Tingkat Satuan Pendidikan)
b. Alur tujuan pembelajaran dan Silabus
c. Dokumen perencanaan pembelajaran dan/atau modul ajar
d. Rencana kegiatan tahunan dan peta jalan
e. Program dan laporan supervisi dan penilaian kinerja guru
f. Program dan laporan MGMP sekolah
g. Program dan laporan pendidikan dan pelatihan guru
h. Program dan laporan pemetaan kompetensi guru dan pengembangnya
i. Program dan laporan evaluasi pembelajaran
j. Program dan laporan pelanggaran dan sanksi terhadap guru
k. Program dan laporan PPKKS
l.Program dan laporan akreditasi
m. Kalender pendidikan yang berlaku
n. Pembagian jam mengajar guru
0. Jadwal kegiatan pembelajaran
p. Tugas guru dan wali kelas
q. Pengaturan penggunaan ruang kelas
r. Kriteria dan persyaratan kenaikan maupun kelulusan siswa
s. Jadwak pembagian buku laporan pendidikan (raport) dan pembagian ijazah
t. Administrasi kelas dan administrasi guru (agenda kelas, agenda piket guru, surat izin masuk/keluar kelas, buku nilai dan absensi siswa, buku jurnal mengajar)
u. Anggaran biaya setiap program kegiatan
2. Melaksanakan semua program kegiatandan membuat laporan
3. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program
4. Melakukan pelaporan hasil monitoring dan evaluasi tiap akhir bulan melalui rapat evaluasi

PKG & Supervisi

Supervisi adalah usaha memberikan layanan kepada guru-guru baik secara individual atau kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran dan kurikulum untuk memperbesar kesanggupan guru untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi anggota masyarakat yang efektif. Membantu guru mengadakan diagnosis secara kritis terhadap aktivitas-aktivitasnya dan kesulitan mengajar belajar.

Kegiatan Pembelajaran (Intrakurikuler)

Evaluasi Pembelajaran

evaluasi pembelajaran adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi secara sistematis untuk menetapkan ketercapaian tujuan pembelajaran.

Sinkronisasi Kurikulum

Sinkronisasi kurikulum ini, merupakan penyelarasan kurikulum yang dilakukan dengan melibatkan pihak industri, selaku pemakai tenaga kerja, agar kompetensi lulusan dapat meningkat dengan baik.

Pengembangan Profesi Guru

Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.

Prestasi Akademik

Jika kalian ingin bertanya silahkan klik tombol dibawah ini