Kesiswaan

Wakil

Kepala Sekolah

Bidang Kesiswaan

WAKA Kesiswaan adalah

Suatu tugas dalam lingkungan sekolah yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan yang mengatur tentang hak dan kewajiban peserta didik di dalam lingkungan sekolah yang melaksanakan bimbingan, pengarahan, pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus, membina pengurus OSIS dalam berorganisasi, menyusun jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental.

Profil

Nama Lengkap dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan ini adalah Wulan Novitasari Suheri. Beliau dilahirkan di Bandung, 26 November 1989. Sejak lahir sampai beliau berusia 10 tahun, bertempat tinggal di Bumi Citeureup Permai – Cimahi Bandung dan memasuki kelas 4 SD, beliau mengikuti orangtuanya pindah ke Desa Tanggulun Timur, Kalijati – Subang. Menyelesaikan pendidikan di SD Negeri Tanggulun pada tahun 2002, SMP Negeri 1 Kalijati pada tahun 2005, SMA Negeri 1 Subang pada tahun 2008 dan Universitas Pendidikan Indonesia prodi Bimbingan dan Konseling pada tahun 2013.

Ibu satu anak ini memiliki hobi menonton, membaca, menulis dan berorganisasi. Semenjak SMP beliau sangat aktif berorganisasi dengan menjadi Wakil Ketua OSIS, Ketua Perpustakaan, Ketua IRMA dan Ketua Pencak Silat Putri. Saat SMA beliau hanya mengikuti organisasi IRMA. Dan pada saat beliau kuliah, keinginan berkecimpung dalam organisasi mulai tumbuh kembali, pada saat itu beliau menjadi Staff Kesekretariatan di HMJ PPB (2009-2010), Ketua Komisi V di DPMJ PPB (2010-2011), Staff Bendahara Umum di Koperasi Mahasiswa BS UPI (2009-2010), Staff Personalia di Koperasi Mahasiswa BS UPI (2010-2011), dan Kabid Personalia di Koperasi Mahasiswa BS UPI (2011-2012). Saat berkuliah, beliau tidak hanya sekedar berkuliah saja, tetapi mengikuti organisasi dan mencari pekerjaan sampingan yaitu menjadi Tele Marketing di Telkom dan penjaga wartel di KOPMA BS UPI, dan terkadang menjadi Tester Psikotest dari Lab PPB UPI ke sekolah-sekolah di berbagai kabupaten di Jawa Barat.

Sehari setelah sidang skripsi, beliau dipanggil untuk mengikuti wawancara kerja di PT Pelita Cengkareng Paper – Cipeundeuy Subang untuk posisi MT Recruitment. Pada saat itu, beliau ingin mencari pengalaman selain di dunia pendidikan. Tak menyangka sebelumnya, dengan bermodalkan pengalaman Tester Psikotest dari Lab PPB UPI, akhirnya beliau diterima di perusahaan kertas ternama dan karirnya terus meningkat di perusahaan tersebut dari posisi MT Recruitment (2013-2014), Kepala Seksi HRD (2014-2018), Kepala Bagian HRD & GA (2018 – 2020). Pada akhirnya beliau lulus tes CPNS sebagai guru BK yang ditempatkan di SMK Negeri 1 Dawuan, dan akhirnya beliau harus resign dari perusahaan tersebut.

Berkecimpung di dunia pendidikan memang tujuan beliau, karena bagaimanapun beliau ingin kembali kapada basic pendidikannya yaitu S1 Bimbingan dan Konseling. Januari 2021, beliau pertama kali mengajar sebagai Guru Bimbingan dan Konseling. Selain menjadi guru BK, beliau diamanahi menjadi Ketua BKK SMKN 1 Dawuan. Saat menjadi Ketua BKK, beliau terus mengembangkan berbagai program dengan mengadakan bimbingan karir bagi calon alumnus, tercapainya 100% tracer study untuk tiga tahun lulusan terakhir, pemasaran, penyaluran dan penempatan lulusan.

Pada Awal Semester Tahun Ajaran 2022/2023, beliau diamanahi tugas baru yaitu menjadi Wakasek Kesiswaan. Sungguh ini adalah amanah baru dan tantangan baginya. Tetapi beliau yakin dengan didukung oleh staff yang luar biasa kompetensinya dan saling berkolaborasi satu sama lain, inshaa allah program kesiswaan dapat terlaksana dengan baik. Moto hidupnya adalah “Talk Less Do More”, sedikit bicara banyak bekerja.

Uraian tugas

1. Membuat dan menyusun :
a. Program & laporan kegiatan OSIS
b. Program & laporan kegiatan UKS
c. Program & laporankegiatan Pramuka
d. Program & laporan Ekstra Kurikuler
e. Program & laporan PPDB dan turunannya
f. Program & laporan penguatan pendidikan karakter (PPK) relijius
g. Program & laporan PPK sosial
h. Program & laporan PPK anti perundungan
i. Program & laporan PPK cinta toleransi
j. Program & laporan PPK anti pelecehan dan kekerasan seksual
k. Program & laporan PPK cinta lingkungan
l. Program & laporan PPK cinta NKRI dan pancasila
m. Program & laporan PPK kewirausahaan

2. Melaksanakan semua program kegiatan

3. Melakukan Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program

4. Melakukan pelaporan hasil monitoring dan evaluasi tiap akhir bulan melalui rapat evaluasi

Program - Program

UKS

Jika kalian ingin bertanya silahkan klik tombol dibawah ini