Subang 24 Februari 2024 – SMK Negeri 1 Dawuan menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi para siswa kelas XII jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Ujian Praktik Kejuruan ini diselenggarakan selama 2 Hari pada 24 Februari hingga 25 Februari 2024. Pada UKK kali ini jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor diuji oleh asessor dari Pacific V Motor Subang.

Tercatat ada sekitar 44 siswa yang mengikuti pelaksanaan UKK. UKK merupakan ujian nasional untuk SMK dengan materi uji berupa praktik, dan teori. Sehingga, hasil UKK dapat dijadikan indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan yang bermanfaat bagi sekolah, peserta didik sebagai pencari kerja, maupun dunia industri. Sedangkan bagi pihak industri yang terlibat sebagai penguji, hasil UKK dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki para calon tenaga kerja.

Dalam pelaksanaannya, bagi para siswa akan di uji keterampilannya oleh beberapa industri/instansi yang sudah menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 1 Dawuan, dan dengan pengujian sesuai SOP yang sudah ada. Dan juga, siswa dihimbau untuk selalu menerapkan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Harapannya dengan diadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini semoga setiap anak bisa mempunyai lisensi, karena mekanisme penilaian UKK ada dua, yaitu dari penguji internal (pihak sekolah) dan penguji ekternal dari Dunia Usaha / Dunia Industri.

299 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *