Hari gini siapa yang belum kenal dengan internet? Kelihatannya mayoritas warga dunia, khususnya di Indonesia sendiri telah mengenal internet. benar, dari tahun ke tahun eksistensi internet semakin besar, terlebih dengan adanya dukungan pemerintah dalam rangka usaha mengenalkan internet kepada masyarakat luas. Internet telah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi umat manusia.

Dikutip dari Wikipedia.com, internet merupakan kependekan dari interconnection-networking, yaitu seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (paket switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Pelayanan yang diberikan oleh internet ini secara garis besar adalah pelayanan informasi, hiburan, pendidikan, bisnis, dan komunikasi. Kita tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari informasi. Komunikasi menjadi semakin mudah dan murah, hanya bermodal jaringan internet kita sudah dapat berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia.

Saat ini kita sangat familiar dengan adanya Google, Facebook, Line, Twitter, Whatsapp, Instagram serta bermacam-macam situs dan aplikasi internet lainnya yang menjadi pilihan para pengguna internet di Indonesia. Kebanyakan di antaranya adalah situs-situs layanan media sosial, di mana pengguna dapat mudah bersosialisasi dengan pengguna internet lainnya. Pada dasarnya semua media sosial memberikan tujuan pelayanan yang sama, yaitu memungkinan kita berinteraksi sosial, bertukar informasi dengan orang lain.

Dengan berbagai macam kemudahan saat kita menggunakan internet, seringkali kita menemui kendala / gangguan seperti lemotnya jaringan, konten yang dilihat ngefreeze atau kendala lainnya. Untuk lebih jelasnya kita mesti mengetahui gangguan apa saja dan bagaimana solusi alternative yang bisa dilakukan. Berikut macam-macam gangguan dan cara penanganannya:

  1. Gangguan pada jaringan atau link nya;

Hal ini menyebabkan data-data dan voice yang dikirim dan diterima tidak akan sampai tujuan karena tidak adanya paket swiched pada link tersebut, sehingga pada modem Nampak sebagian linknya lampu indikarirnya ngeblink atau tidak nyala. Penanganannya di lakukan dengan pengecekan jaringan, pencarian 7 gangguan dan perepairan jaringan yang error yang di gunakan pelanggan tersebut. Bila fanya satu link saja yang error, dapat segera di atasi, namun jika terjadi gangguan masal seperti terpotongnya kabel primer atau kabel sekunder, hal itu memerlukan waktu yang yang cukup lama untuk di selesaikan. Belum lagi ada prosedur dalam penggantian kabelnya dan juga besarnya kapasitas kabel. Jadi, dalam penanganan gangguan pada link dilakukan pengecekan, pengetesan dan perepairan jaringan pada MDF, RK, KP/DP, KTB, soket/roset, splitter, pesawat telpon, modem, PC dan satuan powernya.

  • Gangguan Pada Sentral;

Gangguan dikatakan terjadi kea rah sentral bila pada MDF tidak mendapat tone yang telah dilakukan pengecekan oleh petugas MDF. Bila pada jaringan bagus maja petugas MDF harus melaporkan hal tersebut ke baguan TAS (technical Access Sipport ) untuk melaporkan bahwa gangguan terjadi pada sentral, sehungga tugas di alihkan pada perugas sentral

  • Gangguan Pada Pelanggan

Gangguan pada pelanggan biasana terjadi pada IKR (Instalasi kabel Rumah) atau IKG (Instalasi Kabel Gedung) pelanggan. Karena tanggung jawab perusahaan hanya sampe jaringan luar (IKB), maka untuk pebaikanmya adalah tanggung jawab pelanggan. Namun, untuk meningkatkan citra perusahaan agar lebih baik, sebaiknya melakukan pengetesan dan pengecekan pada IKR atau IKG pelanggan. Bila gangguannya masih bias di atasi, maka perbaiki. Nmaun jika sudah sulit untuk di atasi sarankan kepada kepada pelanggan untuk memanggil petugas UKRnya, kemungkinan terja kesalahan pada saat instalasinya. Dari berbagai macam kendala yang muncul dalam menggunakan internet lebih banyak dijumpai gangguan pada nomor 3, gangguan pada pelanggan. Untuk itu di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Dawuan para siswa/siswi dajarkan untuk memahami dengan sangat baik terkait jaringan itu sendiri. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menambah skill siswa/siswi jurusan TKJ diantaranya adalah

289 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *