Pendidikan adalah suatu usaha untuk memperbaiki diri, pola pikir, sikap maupun karakteristik sekaligus sebagai proses pendewasaan. Oleh karena itu, pendidikan sangatlah penting untuk kelangsungan hidup kita sebagai manusia yang selalu belajar dari yang tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai suatu kebutuhan kehidupan.

             Pendidikan merupakan tuntutan hidup kita sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang  setinggi-tingginya, karena sebagai manusia kita harus mendapatkan pendidikan agar hidup kita lebih terarah.

             Pendidikan juga dapat menjadi alat bimbingan atau pertolongan dari orang dewasa kepada perkembangan, anak-anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan  agar anak cukup cakap melaksankan tugas hidupnya tanpa bantuan orang lain.

         Tujuan pendidikan menciptkan seseorang yang berkwalitas dan berkarakter sehingga memiliki pandagan yang luas kedepan untuk mencapai cita-cita yang kita harapkan dan bisa beradaptasi dimana pun kita berada dengan sikap cepat dan tepat .

          Sehingga, kita  sebagai manusia sangat penting mendapatkan pendidikan formal maupun non formal, untuk pendidikan formal didapatkan dari mengikuti pembelajaraan atau program pendidikan yang terstruktur dari  pemerintahan dari mulai dasar sampai universitas.

            Sedangkan non formal, didapatkan dari aktivitas dan tidak terkait dengan lembaga dan bisa dari pengalaman sendiri, buku pelajaraan maupun dengan melihat orang lain.

           Pendidikan dari perkembangan zaman terus berubah  dengan signifikan dari pola pikir sederhana menjadi lebih modern sehingga berpengaruh untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, maka dari itu pendidikan merupakan suatu proses yang berkaitan dengan pembelajaraan untuk mencapai sutau kompetensi kelulusan.

         (Dalam Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Bab 1 Pasal1 ayat 6), yaitu satutentang  standar pendidikan harus sesuai dengan standar nasional berlaku untuk semua pendidikan formal pada jenjang pendidikan tertentu di mana pun berada.

      Kedua, tentangstandar kegiatan  pembelajaraan harus sesui dengan standar pendidikan ketika pembelajaran berlangsung, agar mempermudah guru dalam  pengelolaan pembelajaraan tapi sering juga ada yang menghubungkan  sistem sekolah-sekolah yang ada di kota dan di desa itu sangat berbeda, karena di kota mendapatkan dukungan  dari orang tua dan masyarakat  untuk sarana dan prasarana yang  baik.

      Sedangkan di desa sarana dan prasaran yang tidak mendukung. Maka dari itu, diadakan standar proses pendidikan sekolah harus mengacu pada standar tersebut  agar tidak adanya kesalahan dalam proses peraturan  yang ada di setiap sekolah-sekolah, megenai standar yang ada di sekolah tersebut.

     Ketiga, tentang  standar kompetensi lebih  diarahkan  kepada standar lulusan dengan demikian standar kompetensi lulusan merupakan sumber  rujukan  utama dalam menentukan sumber objek utama untuk menghasilkan kompetensi lulusan yang baik, dan dapat menarik minat calon peserta didik yang baru.

       Dalam pembelajaraan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh melalui perencanaan yang matang dengan memanfatkan seluruh sumber daya yang ada dengan memperhatikan taraf perkembagan intelektual dan psikologis anak. Sehingga, dapat menghasilkan keberhasilan  dalam semua pembelajaraan melaui standar proses ini biasaanya pembelajaran dikembangkan.

        Proses pendidikan memobilisasi merupakan komponen yang terarah  untuk mencapai suatu tujuan pedidikan yang sesuai standar kompetensi, agar pembelajaraan berjalan dengan ketentuan yang sudah ada.

       Tujuan utama terjadinya proses dalam pendidikan yaitu tejadinya suatu proses belajar  dan pengalaman belajar yang optimal, dalam pengelolaan proses pendidikan harus memperhitungkan perkrembangan IPTEK karena pembeljaran merupakan suatu proses belajar untuk lebih terarah lagi.

Suatu proses pendidikan dalam kehidupan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita sebagai manusia, karena dengan pendidikan kita bisa membuka dunia, dengan pendidikan bisa memungkinkan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Begitu besar manfaat pendidikan bagi keberlangsungan  hidup karena, pendidikan pula kita bisa mendapatkan kelayakan dalam bekerja atau merencanakan sesuatu yang kita inginkan dan butuhkan. Untuk menghasilkan suatu tujuan hidup yang lebih baik, sehingga begitu besarnya peran pendidikan bagi keberlangsugan hidup kita. Karena pendidikan yang layak kita dapat mendapatkan kelayakan hidup lebih sejahtera dalam tarap kehidupan ekonomi maupun pekerjaan.

258 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *