HAI…. APA KABAR SEMUANYA?

Perkenalkan nama saya RIZKI RAIHAN NUGRAHA. Saya adalah seorang pelajar SMKN 1 DAWUAN saya disini akan sedikit menceritakan dan membuat sebuah motifasi kepada kalian, semoga dengan sebuah karya saya bisa membuat inspirasi kepada kalian yah.

Pada hari rabu tanggal 4 agustus saya bekerja di sebuah tambak ikan yang berlokasi di Kampung Lempar, Desa Cijambe Kabupaten Subang Jawa Barat. Saya mempunyai seorang bos yang bernama Dase atau biasa disebut “UAS” beliau adalah seorang pengusaha tambak yang sukses. Penghasilan beliau dalam satu malam bisa mencapai 10-20 juta sehari. Atas rasa penasaran saya terhadap beliau, saya sedikit ingin tahu betapa besar perjuangan yang di hadapi [kegagalan] yang pernah beliau alami sampai sampai dia bisa mencapai tingkat kesuksesan seperti sekarang ini. Beliau mulai bercerita, pada saat itu sejak beliau masih kecil beliau adalah anak petani ikan. Ia selalu mengikuti ayahnya ke semua acara di antara para petani, seperti acara panen, mensortir, dan mempelajari semua cara cara bagaimana cara ternak/mengurus ikan.

Pada tahun 2008 beliau memulai sebuah kehidupan sendiri atau tanpa bantauan lagi orang tua. Pada saat itu beliau berumur 20 tahun. Beliau pergi merantau ke pulau Sumatra dan Kalimantan beliau bekerja di sebuah proyek besar, entah lupa lagi saya nama proyek tersebut beliau bekerja di sebuah transportasi. beliau merantau kurang lebih 2 tahun. Pada awal tahun 2011 beliau kembali ke kota asalnya dan memutuskan untuk berhenti merantau. Pada pertengahan tahun 2011 beliau memutuskan untuk membuat tambak ikan, beliau menggunakan modal yang bisa di bilang cukup kecil. beliau membuka tambak ikan mas saja, mulai dari eceran hingga partaian. Tambak tersebut berjalan lancar sekitar kurang lebih 3 tahun, pada tahun 2015 beliau mengalami kegagalan yang cukup besar, karena banyaknya ikan yang mati, habisnya pakan, dan ikan pun tidak terjual. tetapi beliau tidak menyerah begitu saja beliau memanfaatkan laba hasil selama 3 tahun ke belakang beliau memulai dari 0 lagi beliau menjadikan sebuah kegagalan tersebut menjadi sebuah motivasi dan pelajaran tambak tersebut perlahan berkembang hingga sekarang.

  pesan dari saya janganlah menyerah karena kegagalan bukanlah akhir dari segalanya tetapi jadikanlah kegagalan tersebut menjadi sebuah motivasi .

semoga bisa membantu yah…….sekian terima kasih……….

295 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *