Setiap akhir tahun ajaran, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dawuan menyelenggarakan kegiatan sumatif akhir tahun sebagai bagian dari evaluasi dan penilaian hasil belajar siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa selama satu tahun penuh dan memberikan gambaran mengenai efektivitas proses pembelajaran yang telah dilakukan. 

Pada hari Senin – Kamis tanggal 10 – 14 Juni 2024, SMKN 1 Dawuan melaksanakan kegiatan Sumatif Akhir Tahun yang diikuti oleh Kelas X dan XI.

 Tujuan Sumatif Akhir Tahun

Sumatif akhir tahun di SMKN 1 Dawuan memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

Mengukur Pencapaian Kompetensi: Menilai sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.

Menentukan Kenaikan Kelas: Hasil dari penilaian ini digunakan sebagai salah satu dasar untuk menentukan apakah siswa layak untuk naik ke tingkat kelas berikutnya.

Mengevaluasi Proses Pembelajaran: Memberikan umpan balik kepada guru dan sekolah mengenai efektivitas metode dan strategi pembelajaran yang telah diterapkan.

Mendukung Pengembangan Siswa: Identifikasi kekuatan dan kelemahan siswa sehingga bisa diberikan bantuan atau bimbingan yang sesuai untuk pengembangan lebih lanjut.

Proses Pelaksanaan Sumatif Akhir Tahun

Pelaksanaan sumatif akhir tahun di SMKN 1 Dawuan dilakukan melalui beberapa tahap yang sistematis, yaitu:

Persiapan Soal dan Instrumen Penilaian: Guru-guru dari berbagai mata pelajaran menyusun soal ujian yang mengacu pada kompetensi dasar dan indikator yang telah diajarkan selama tahun ajaran. Soal-soal ini kemudian direview dan divalidasi untuk memastikan kualitas dan relevansinya.

Pelaksanaan Ujian: Ujian sumatif dilakukan secara terjadwal dan serentak untuk semua tingkat kelas. Pelaksanaan ujian dilakukan dengan pengawasan ketat untuk menjaga integritas dan kejujuran siswa dalam menjawab soal.

Pengoreksian dan Penilaian: Setelah ujian selesai, lembar jawaban siswa dikoreksi oleh guru mata pelajaran masing-masing. Hasil penilaian kemudian direkapitulasi untuk melihat pencapaian siswa secara keseluruhan.

Rapat Pleno Kenaikan Kelas: Berdasarkan hasil sumatif, diadakan rapat pleno untuk menentukan kenaikan kelas. Rapat ini melibatkan semua guru dan pihak terkait untuk membahas hasil penilaian dan membuat keputusan yang adil dan objektif.

Pemberian Laporan Hasil Belajar: Siswa dan orang tua menerima laporan hasil belajar yang mencakup nilai sumatif dan evaluasi keseluruhan perkembangan akademik siswa selama tahun ajaran.

Manfaat Sumatif Akhir Tahun

Pelaksanaan sumatif akhir tahun di SMKN 1 Dawuan memberikan berbagai manfaat penting, baik bagi siswa, guru, maupun sekolah:

  1. Bagi Siswa:
    • Evaluasi Diri: Siswa dapat mengetahui pencapaian mereka dan area yang perlu ditingkatkan.
    • Motivasi Belajar: Hasil sumatif

#smkn1dawuan #super_cadas

97 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *