SMKN 1 Dawuan selalu berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri. Sebagai bagian dari upaya ini, sekolah melakukan kunjungan ke alumni yang sedang menjalani pelatihan bahasa Jepang di LPK Ciss Subang. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan dukungan, memantau perkembangan alumni, dan memberikan inspirasi kepada siswa yang masih bersekolah. 

Tujuan Kunjungan

Kunjungan ke LPK Ciss Subang memiliki beberapa tujuan utama:

Memberikan Dukungan: Menunjukkan dukungan dan perhatian sekolah terhadap alumni yang sedang menjalani pelatihan bahasa Jepang.

Memantau Perkembangan: Memantau perkembangan kompetensi bahasa dan keterampilan kerja alumni di lembaga pelatihan.

Memberikan Inspirasi: Menginspirasi siswa yang masih bersekolah untuk terus belajar dan mengembangkan diri, serta menunjukkan peluang yang bisa diraih melalui pelatihan dan pendidikan lanjutan.

Membangun Jaringan: Menguatkan hubungan antara sekolah dengan lembaga pelatihan dan industri untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi siswa dan alumni.

Kegiatan Selama Kunjungan

Selama kunjungan ke LPK Ciss Subang, beberapa kegiatan utama yang dilakukan oleh tim dari SMKN 1 Dawuan adalah:

Sambutan dan Perkenalan: Kunjungan diawali dengan sambutan dari pihak LPK Ciss Subang. Tim dari SMKN 1 Dawuan diperkenalkan kepada staf pengajar dan alumni yang sedang mengikuti pelatihan.

Observasi Pelatihan: Tim dari SMKN 1 Dawuan mengobservasi langsung sesi pelatihan bahasa Jepang. Mereka melihat metode pengajaran, materi yang disampaikan, dan partisipasi aktif dari alumni.

Diskusi dengan Alumni: Tim sekolah mengadakan diskusi dengan alumni untuk mendengar pengalaman mereka selama mengikuti pelatihan, tantangan yang dihadapi, dan manfaat yang dirasakan.

Tanya Jawab dan Motivasi: Sesi tanya jawab diadakan untuk memberikan kesempatan bagi alumni dan siswa untuk bertanya tentang pelatihan dan prospek karier. Tim sekolah juga memberikan motivasi dan saran kepada alumni untuk terus bersemangat dan fokus dalam belajar.

Penyerahan Cenderamata: Sebagai tanda penghargaan dan kenang-kenangan, tim dari SMKN 1 Dawuan menyerahkan cenderamata kepada LPK Ciss Subang dan alumni.

Manfaat Pelatihan Bahasa Jepang bagi Alumni

Mengikuti pelatihan bahasa Jepang di LPK Ciss Subang memberikan berbagai manfaat bagi alumni SMKN 1 Dawuan, antara lain:

Peningkatan Kompetensi Bahasa: Pelatihan intensif membantu alumni menguasai bahasa Jepang dengan baik, yang merupakan nilai tambah penting dalam dunia kerja.

Peluang Karier di Jepang: Menguasai bahasa Jepang membuka peluang bagi alumni untuk bekerja di perusahaan Jepang, baik di Indonesia maupun di Jepang, yang menawarkan karier dengan gaji dan manfaat yang menarik.

Pengembangan Keterampilan Kerja: Selain bahasa, pelatihan ini juga mencakup etos kerja, budaya kerja Jepang, dan keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh perusahaan Jepang.

Pengalaman Internasional: Kesempatan untuk bekerja di luar negeri memberikan pengalaman internasional yang berharga, memperluas wawasan, dan meningkatkan jaringan profesional.

Peningkatan Kemandirian: Pelatihan ini membantu alumni menjadi individu yang lebih mandiri, disiplin, dan siap menghadapi tantangan global.

73 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *