Sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir di seluruh Negara di dunia. Tidak hanya di Negara-negara berkembang tetapi juga di Negara-negara maju. Sampah selalu menjadi masalah. Rata-rata di Indonesia menghasilkan puluhan ton sampah setiap harinya.

Sampah menjadi permasalahan yang tidak ada habisnya, sebelum manusia mempunyai kesadaran diri mengenai lingkungan. Banyak konsumsi setiap hari membuat manusia selalu menghasilkan banyak sampah setiap harinya.

Sampah bisa membuat suasana nyaman menjadi rusak seketika karena bau sampah yang menyengat. Walaupun sampah jelas-jelas membuat lingkungan tidak nyaman, tetapi anehnya kesadaran kita terhadap lingkungan masih jauh dari cukup.

Masih banyak di antara kita yang tidak memperhatikan membuang sampah pada tempatnya. Mereka baru menyadari pentingnya membuang sampah secara disiplin, ketika mulai banyak rusaknya lingkungan diakibatkan oleh sampah yang menumpuk.

Gerakan untuk membuang sampah secara disiplin pada tempat sampah semakin ramai digaungkan. Tempat-tempat sampah semakin berlimpah disediakan di depan rumah-rumah. Kondisi ini sangat menggembirakan. Demi mengurangi sampah yang ada, masyarakat hendaknya menggunakan barang yang didaur ulang. Misalnya saja, untuk kebutuhan kantong plastik kita bisa menggunakan satu kantong saja yang bisa dipakai berulang ulang. Hal ini akan membantu mengurangi sampah dan menjadikan bumi lebih sehat.

327 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *