Public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum adalah salah satu keterampilan penting dalam kehidupan profesional dan personal. Kemampuan ini tidak hanya berguna bagi mereka yang bekerja di bidang komunikasi atau pemasaran, tetapi juga bagi siapa saja yang ingin menyampaikan ide dengan efektif, mempengaruhi audiens, dan membangun kepercayaan diri. Untuk membantu individu mengembangkan keterampilan ini.

SMKN 1 Dawuan mempunyai program GAMIT BERKAH singkatan dari “30 Menit Bersama Kepala Sekolah”, pada program tersebut peserta didik akan mempelajari banyak hal yang akan dilatih langsung oleh Kepala SMKN 1 Dawuan selama 30 menit setiap minggunya dan akan ada 20 pertemuan.

Pada pertemuan pertama hari senin tanggal 06 juni 2024, peserta didik akan mempelajari tentang public speaking yang didampingi juga oleh guru Bahasa yang ada di SMKN 1 Dawuan. tak hanya mempelajari tapi dengan mengisi hak angket yang sudah disiapkan juga.
 

Pentingnya Pelatihan Public Speaking

Workshop public speaking adalah kesempatan bagi individu untuk belajar dan berlatih berbicara di depan umum dalam lingkungan yang terstruktur dan mendukung. Beberapa alasan pentingnya mengikuti workshop ini antara lain:

Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum: Banyak orang merasa gugup atau cemas ketika harus berbicara di depan audiens. Workshop ini membantu peserta mengatasi ketakutan tersebut dengan teknik-teknik yang efektif.

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi: Melalui pelatihan dan praktik, peserta dapat meningkatkan keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal mereka, sehingga pesan yang disampaikan lebih jelas dan menarik.

Membangun Kepercayaan Diri: Dengan latihan yang konsisten dan umpan balik konstruktif, peserta dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka ketika berbicara di depan umum.

Meningkatkan Peluang Karir: Keterampilan public speaking yang baik dapat membuka banyak peluang karir, karena banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk presentasi, negosiasi, dan komunikasi yang efektif.

Komponen Public Speaking

Workshop public speaking biasanya terdiri dari beberapa komponen utama, yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif:

Sesi Teori: Sesi ini mencakup pengenalan dasar-dasar public speaking, termasuk struktur pidato, teknik vokal, dan penggunaan bahasa tubuh. Peserta juga akan mempelajari cara mengatasi rasa gugup dan membangun kepercayaan diri.

Latihan Praktik: Peserta akan diberikan kesempatan untuk berlatih berbicara di depan kelompok kecil atau besar. Latihan ini bisa berupa presentasi singkat, pidato impromptu, atau simulasi situasi nyata.

Umpan Balik dan Evaluasi: Setelah setiap latihan, peserta akan menerima umpan balik dari fasilitator dan sesama peserta. Umpan balik ini penting untuk memahami kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan.

Role-Playing dan Simulasi: Teknik ini membantu peserta untuk berlatih dalam berbagai skenario berbicara di depan umum, seperti presentasi bisnis, pidato formal, atau debat.

Penyusunan dan Pengembangan Materi: Peserta akan diajarkan cara menyusun materi presentasi yang efektif, mulai dari pembukaan yang menarik, isi yang informatif, hingga penutup yang kuat.

Manfaat Mengikuti PelatihanPublic Speaking

Mengikuti workshop public speaking menawarkan berbagai manfaat, baik secara personal maupun profesional:

Peningkatan Kepercayaan Diri: Peserta akan merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi situasi berbicara di depan umum setelah berlatih dan menerima umpan balik.

Keterampilan Komunikasi yang Lebih Baik: Peserta akan belajar cara menyampaikan ide dengan lebih jelas dan persuasif, yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan.

Kemampuan Berpikir Kritis: Berbicara di depan umum sering kali membutuhkan kemampuan untuk berpikir kritis dan merespons pertanyaan atau situasi tak terduga dengan cepat dan tepat.

Jaringan dan Koneksi: Workshop sering kali dihadiri oleh individu dari berbagai latar belakang, sehingga peserta dapat memperluas jaringan profesional dan pribadi mereka.

Peningkatan Peluang Karir: Keterampilan public speaking yang baik dapat meningkatkan profil profesional peserta dan membuka peluang karir baru, seperti posisi manajerial, pekerjaan di bidang komunikasi, atau menjadi pembicara publik.

#smkn1dawuan #super_cadas #gamitberkah

24 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *