SMK Negeri 1 Dawuan sebagai SMK Pusat Keunggulan bekerja sama dengan Disnakertrans ESDM Kab. Subang dan FBKK SMK Kab. Subang menghadirkan event Job Fair dalam rangka menyongsong SMK Revolusi Industri 4.0 Tahun 2023. Job fair yang diselenggarakan selama 1 hari, 10 Oktober 2023 dan terbuka untuk umum ini dibuka oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kab. Subang ibu Yeni Nuraeni, S.Sos., M.AP. berlangsung di lapangan SMK Negeri 1 Dawuan, Selasa (10/10/2023). Dalam job fair ini turut melibatkan 19 perusahaan baik dari dalam dan luar Kota Subang yang menyediakan sejumlah lowongan kerja bagi alumni SMK Negeri 1 Dawuan maupun masyarakat umum yang belum memiliki pekerjaan.

19 Perusahaan tersebut adalah :
1. CV JN Mustika

2. Winter Access / CIFO

3. PT Pesta Pora Abadi (Mie Gacoan)

4. Dea Grafika

5. CV Kaos Polos

6. PT Federal International Finance

7. STTB Bandung

8. CV Distara Motor Indonesia

9. CV Mandiri Cahaya Gemilang

10. PT Pasific Motor V Subang

11. PT Paranje Berkah Gemilang

12. PT Piranti Indonesia

13. PNM Mekaar

14. BTPN Syariah

15. PT Swakarya Insan Mandiri

16. LPK Hamaren

17. PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk.

18. PT Supreme Paper Solution

19. PT. Asputra Perkasa Makmur

Job Fair di SMKN 1 Dawuan terdaftar sebanyak 1.356 orang yang mendaftarkan diri secara online dengan link yang sebelum2nya telah dishare melalui media sosial sekolah maupun dari para guru-guru serta siswa dan siswi SMKN 1 Dawuan dan ada juga yang mendaftar secara offline atau secara langsung ke SMKN 1 Dawuan.

Pada kegiatan Job Fair tersebut ada beberapa tamu undangan seperti Kepala Dinas Bidang PSMK Provinsi Jawa Barat, Kepala Cabang Dinas Wilayah IV(yang mewakili), Kepala Disnakertrans Kab.Subang, Camat Dawuan, Kepala Desa beserta aparat kepolian dan korwil setempat. Pada kegiatan tersebut dibuka dengan salah satu simbolis yaitu memukul alat musik Gong yang dipukul oleh tamu undangan tersebut.

Kepala SMKN 1 Dawuan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada rekan-rekan guru beserta staff TAS SMKN 1 Dawuan dan tak lupa juga dengan siswa dan siswi SMKN 1 Dawuan atas terselenggaranya kegiatan Job Fair di SMK Negeri 1 Dawuan. Dimana, adanya job fair ini memberikan kesempatan dunia usaha dan dunia pendidikan untuk saling bertemu dalam satu forum untuk saling bermitra dalam penyediaan lapangan pekerjaan maupun SDM.

“apa yang telah bapak ibu rekan lakukan ini juga adalah bukti daripada bahwa visi kita, salah satunya nilai-nilai produktif itu kita wujudkan pada kegiatan ini” ujar Kepala SMKN 1 Dawuan.

Sehingga lulusan SMK maupun masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan tidak perlu lama penyesuaian pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sesuai bidangnya. Kegiatan ini tentu kami apresiasi juga sebagai upaya membantu pemerintah menekan angka pengangguran di Kabupaten Subang.

Baca profil SMKN 1 Dawuan tentang Visi Misi, “Visi Misi dan Tujuan” selengkapnya https://smkn1dawuan.sch.id/visi-misi-dan-tujuan/

Menurutnya, Job Fair ini juga menjadi peluang bagi Sekolah Menengah Kejurusan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan atau industri terkait. Perusahaan dapat menemukan bakat potensial di kalangan siswa SMK yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sementara itu, sekolah mampu untuk menghubungkan lulusan mereka dengan peluang pekerjaan langsung melalui partisipasi perusahaan-perusahaan dalam acara tersebut. Lanjutnya, kegiatan ini menjadi kesempatan bagi siswa khususnya kelas 12, alumni dan masyarakat yang belum memiliki pekerjaan untuk membangun jaringan dengan para profesional, berinteraksi dengan perwakilan industri, dan memperoleh informasi terkini mengenai tren pasar kerja.

“terima kasih kepada bapak ibu 19 industri yang telah hadir bersama kami, kita berharap lebih banyak lagi industri-industri hadir disini dan kalau itu bisa berjalan nantinya. Guru-guru bisa memberikan motivasi dan arahan kepada mereka agar bisa memulai harinya dengan segala sesuatu yang baik demi menyongsong masa depan yang lebih baik,” tegasnya Kepala Dinas Bidang PSMK Provinsi Jawa Barat.

“jadi disini kita meng link and match kan antara kurikulum sekolah dengan kebutuhan di industri, nih alhamdullilah ada 19 perusahaan yang ikut serta disini, jadi bukan perusahaan yang menyesuaikan sekolah tapi sekolahlah yang menyesuaikan kebutuhan industri. ini ada 19 perusahaan disini berarti sekolah SMKN 1 Dawuan sudah diberikan kepercayaan oleh beberapa perusahaan, artinya jebolan-jebolan dari sini(SMKN 1 Dawuan) oh bisa saya siap menampung(industri).” ungkap Kepala Disnakertrans Kab.Subang.

Setelah sambutan, kemudian para tamu undangan berkeliling menuju kesemua booth perusahaan yang terlibat dalam Job Fair SMKN 1 Dawuan dengan bertemu dengan perwakilan dari perusahaan yang menjelaskan apa yang dibutuhkan perusahaan termasuk jumlah kebutuhan orang. Tak hanya booth perusahaan, para tamu undangan juga melihat lihat keadaan yang ada di SMKN 1 Dawuan salah satunya adalah motor listrik buatan guru beserta siswa SMKN 1 Dawuan yang sebelumnya sudah di launching oleh bupati Subang.

Baca artikel smkn1dawuan, “Launching Motor Listrik Oleh Bupati Subang” selengkapnya https://smkn1dawuan.sch.id/launching-motor-listrik-oleh-bupati-subang/

Setelah semua acara untuk tamu undangan kemudian para peserta Job Fair SMKN 1 Dawuan memasuki area job fair yang ada di lapangan SMKN 1 Dawuan. Sebelum menuju area perusahaan, para peserta Job Fair SMKN 1 Dawuan mengisi daftar hadir yang ada di area registrasi.

367 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *