Pada hari Kamis tanggal 23 November 2023, SMKN 1 Dawuan melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMKN 1 Dawuan Tahun 2023 yang dinilai oleh 2 penilai (pengawas) yaitu Drs. H. MOHAMAD WARSO, M.M.Pd, M.H sebagai penilai 1 dan Drs. H. DADANG HIDAYAT, M.M.Pd sebagai pengawas 2.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau lebih disingkat dengan (PKKS) merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai Kinerja dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah.

Kepala sekolah yang profesional mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpinnya serta keunggulan profesinya ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan cita-cita terbaik sekolahnya.

Untuk itu, setiap kepala sekolah harus memiliki keterampilan untukĀ  mendeskripsikan indikator dan kriteria mutu lulusan yang dicita-citakannya sebagai landasan pengembangan visi, misi, tujuan, dan strategi untukĀ  mewujudkannya.

Hasil penilaian kinerja akan bermanfaat bagi kepala dinas pendidikan dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi dan pembinaan lebih lanjut. Sedangkan bagi pengawas sekolah sendiri hasil penilaian kinerja kepala sekolah dapat dijadikan dasar dalam menyusun program pengawasan khususnya dalam membina kemampuan profesional kepala sekolah.

219 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *