Pemeliharaan adalah kegiatan merawat, memelihara dan menyimpan barang-barang sesuai dengan bentuk-bentuk jenis barangnya sehingga barang tersebut awet dan bisa digunakan jangka panjang. Pihak yang terlibat dalam pemeliharaan sarana bangunan gedung adalah semua warga sekolah yang terlibat dalam pemanfaatan sarana tersebut. Pemeliharaan sarana dan prasarana termasuk dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang sangat perlu diperhatikan oleh semua orang yang terlibat dalam pemanfaatan sarana tersebut, pemeliharaan sarana dan prasarana bukan lagi rahasia umum, jika sarana dan prasarana yang tidak terpelihara dengan baik dirasakan sangat tidak nyaman oleh para penggunanya.

Pemeliharaan sarana bangunan gedung di satuan pendidikan sekolah adalah untuk mengkondisikan sarana dan prasarana tersebut senantiasa siap pakai dan tidak mengalami masalah ketika sedang dipergunakan, dan perawatan sarana bangunan gedung adalah kegiatan memperbaiki atau mengganti bagian atau komponen bangunan gedung yang sudah tidak layak digunakan. Maka dari itu, sarana bangunan dan gedung di satuan pendidikan sekolah harus dilakukan pemeliharaan secara teratur, sistematis, dan kontinue.

Pemeliharaan bangunan dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Pemeliharan rutin harian/setiap hari.
  2. Pemeliharaan  remedial/perbaikan

Contoh pemeliharan dan merawat bangunan gedung ruang kelas dengan cara melakukan pemeliharaan rutin harian atau setiap hari yaitu dengan cara membersihkan ruang kelas dengan menyapu dan mengepel lantai kelas setiap hari, membersihkan sampah-sampah yang berserakan di depan kelas. agar ruang kelas tersebut menjadi bersih dan nyaman di gunakannya. Sedangkan pemeliharaan remedial/perbaikan yaitu memperbaiki dari kegagalan konstruksi dan desain contohnya dari desain ada kesalahan dalam pemilihan bahan bangunan yang tidak sesuai standar sehingga usia pemakainnya tidak bisa bertahan lama dan dari segi konstruksinya kesalahan dalam pelaksanaan finishing nya yang dapat menyebabkan tidak bisa bertahan lama.

265 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *