Sidang PKL (Praktik Kerja Lapangan) SMK adalah acara akhir yang wajib dihadiri oleh siswa SMK yang telah menyelesaikan program PKL mereka. Acara ini diadakan untuk mengevaluasi dan mempresentasikan hasil kerja siswa selama program PKL, serta memberikan pengalaman berharga dalam berbicara di depan umum dan mempresentasikan laporan secara profesional.

Sidang PKL SMK biasanya diadakan di akhir semester kedua setelah siswa menyelesaikan program PKL selama beberapa bulan di perusahaan atau lembaga tertentu. Acara ini biasanya dihadiri oleh para siswa yang sedang menjalani PKL, guru pembimbing, dan penguji.

Tujuan dari sidang PKL SMK adalah untuk mengevaluasi hasil kerja siswa selama program PKL, menilai kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari di sekolah dalam lingkungan kerja yang sebenarnya, serta memberikan pengalaman berharga dalam mempresentasikan laporan secara profesional dan berbicara di depan umum.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh siswa SMK sebelum menghadiri sidang PKL, antara lain:

  • Mempersiapkan laporan PKL dengan baik
    Siswa harus mempersiapkan laporan PKL dengan baik dan lengkap. Laporan ini harus mencakup deskripsi tentang perusahaan atau lembaga tempat siswa PKL berada, aktivitas yang dilakukan selama program PKL, hasil yang dicapai, serta kesimpulan dan saran yang diberikan.
  • Berlatih mempresentasikan laporan
    Siswa harus berlatih mempresentasikan laporan PKL di depan teman-teman sekelas atau keluarga. Hal ini akan membantu siswa merasa lebih percaya diri ketika harus mempresentasikan laporan di depan publik.
  • Memperhatikan penampilan dan etika
    Siswa harus memperhatikan penampilan dan etika mereka. Mereka harus memakai pakaian yang rapi dan sopan, serta berperilaku sopan dan menghormati audiens.
  • Menyiapkan pertanyaan dan jawaban
    Siswa harus menyiapkan pertanyaan dan jawaban yang mungkin diajukan oleh audiens terkait laporan PKL mereka. Hal ini akan membantu siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan merasa lebih siap ketika harus menjawab pertanyaan di depan publik.

Selama sidang PKL SMK, siswa akan mempresentasikan laporan PKL mereka di depan audiens. Setelah presentasi, siswa akan diwawancarai oleh penguji. Siswa akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam mempresentasikan laporan, menjawab pertanyaan, dan kesan keseluruhan tentang program PKL mereka.

Sidang PKL SMK memberikan pengalaman berharga bagi siswa dalam mempresentasikan laporan secara profesional dan berbicara di depan umum. Acara ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan umpan balik yang berguna dari dewan pengawas dan perwakilan dari perusahaan atau lembaga tempat siswa PKL berada. Umpan balik ini dapat membantu siswa dalam memperbaiki keterampilan mereka dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

4,363 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *