Sepak bola merupakan cabang olahraga yang dimainkan dengan cara menendang atau menyepak bola. Secara umum, sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola berbahan kulit dan dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti . Kendati demikian, ada pula yang berpendapat bahwa sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola yang memiliki tujuan memasukan bola kedalam gawang lawan. Permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukan bola kedalam gawang lawan, dasar dan aturan permainan sepak bola yaitu:

  1. Tehnik mengoper bola [passing]

Tehnik pertama yang dimainkan untuk bermain sepak bola adalah mengopar bola, perlu kamu kuasai dengan baik. Hal ini penting dilakukan untuk berkerja sama demi mencetak gol kegawang lawan. Dalam sepak bola, mengoper bola ada jenis-jenisnya seperti umpan pendek, umpaan silang, umpan terobosan, dan umpan lambung.

  • Tehnik menghentikan atau mengontrol bola [stop ball]

Setelah kamu dioper oleh rekan satu tim, kamu harus sanggup menghentikan bola dengan baik. Teknik ini disebut menghentikan bola atau stop ball.

Stop ball dapat dilakukan oleh berbagai anggota badan, kecuali tangan. Bisa dengan kaki, paha, dada, hingga kepala. Kamu harus melatih teknik sepak bola stop ball, lantaran ini sangat penting. Jika kamu tak mampu menghentikan bola akan mudah direbut lawan.

  • Teknik menggiring atau membawa bola [dribiling]

Berikutnya teknik dasar permainan sepak bola mengiring bola atau dribbling. Tak kalah baik dengan dua teknik sebelumnya, menggiring bola adalah kompnen wajib yang harus dikuasai dalam permainan sepak bola.

Menggiring bola akan membawa kamu ke area pertahanan lawan dengan menerobosnya. Perlu mempunyai kemampuan khusus dalam teknikini dan harus dibagi dan latihan keras. Dasarnya menggunakan  kaki bagian luar untuk melakukan drible secara cepat. Melengkapi teknik dribbling mereka dengan kemampuan menipu lawan, sehingga ketika berlari mereka mampu melewati musuh-musuhnya di depan.

429 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *