Disuatu desa terpencil diatas awan dengan pemandangan yang indah dengan udara segar pepohonan yang hijau masyarakat yang damai kini sudah menghilang akibat ulah sipenambang illegal.

Ada nya tambang pasir membuat masyarakat kehilangan lahan pertanian karna bujuk rayu mereka kepada masyarakat,lahan dibeli dengan harga yang sangat tinggi,dan akhirnya mereka pun menjual ladangnya tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi beberapa tahun kemudian.

Dan beberapa bulan kemudian mobil truk besarpun masuk untuk mengambil pasir hingga infrastruktur jalan pun rusak parah,pemandangan hijau nan indah pun menghilang seketika yang tersisa hanya debu dan asap kendaraan saja.

Sudah menjadi pemandangan setiap pagi melihat kendaraan roda 2 tergelincir dijalan karna jalan penuh dengan lumpur dan bebatuan akibat mobil penarik pasir yang beban muatan nya sangat berat melebihi kapasitas beban jalan.

Setelah itu terjadi baru masyarakat tersadar apa yang mereka lakukan hanya tipu daya saja,Aksi demo masyarakat pun terjadi jalanan ditanami padi,pohon pisang DLL,Masyarakat mulai mendesak aparat desa untuk menutup tambang pasir tersebut.

Beberapa bulan berlalu masyarakat sudah mulai geram karna tidak ada penyelesain yang terjadi oleh pihak desa,Akhirnya kamipun melayangkan surat protes kepada tambang pasir ,Dan Bupati untuk menindak  tambang pasir tersebut.

Namun tetap tidak ada satupun aparat yang meninjau desa kami,Dan akhirnya kami semua sepakat untuk mengadakan demo besar-besaran mengumpulkan semua masyarakat untuk turun kejalan memberhentikan mobil pembawa pasir,Sampai beberapa media dating untuk meliput kericuhan yang terjadi.

Setelah demo tersebut tersebar di koran hingga jadi berita hangat di television barulah para petinggi daerah datang memakai mobil mewah  dengan beberapa kamera di sekelilingnya dan berjanji untuk segera menyesaikan semuanya.

Apakah seperti itu cara kerja pemerintah harus masuk dulu media baru dikerjakan atau mungkin banyak masalah yang harus dikerjakan, Entahlah yang terpenting untuk kami semua nya kembali normal seperti dulu.          Dan akhirnya yang kami inginkan tercapai setelah beberapa tahun menunggu, Jalan kembali mulus pepohonan di pinggir jalan kembali menghijau tambang pun memliki ijin dan hanya mobil kecil yang bisa membawa pasir bukan truk besar yang merusak jalan dan sama – sama tidak ada yang dirugikan antara masyarakat dengan pertambangan pasir.

229 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *