Pandemi covid 19 menyebar sejak akhir tahun 2019. Hingga kini dibeberapa wilayah dengan masa berbeda, terhitung 193 negara telah berjuang melawan serangan Covid yang tidak pandang bulu. Wuhan adalah salah satu kota di China yang menjadi tempat awal penderita covid yang pertama kali ditemukan sebelum virus ini bersetatus pandemic, Berita dan informasi pergerakan penyebaran virus tersebut telah telah mewarnai laman media karena jalur sebarnya kian hari makin massif.

Berdampak pada kondisi internal dan eksternal wilayah pemerintah Indonesia, Salah satu keputusan pemerintah, yang berdampak luas adalah segmen pendidikan, baik pada komponen praktisi maupun pada komponen regulative dan lingkungan.

Kebijakan dari hulu ke hilir tersebut bersinergi dengan kebutuhan dan kepentingan pencegahan penyebaran Covid19, Kajian ini secara khusus mendeskripsikan dinamika pembelajaran sebagai bagian dari segmen Pendidikan selama masa pandemic Covid19 yang berlangsung di Indonesia dengan mengacuh pada fenomena yang dirangkum melalui pengamatan.

Penyelenggaran system, Pendidikan mengalami system transformasi dalam berbagai lini kegiatan, termasuk kegiatan pembelajaran yang seluruhnya berlangsung secara online. Kajian ini menegaskan bahwa setiap unsur yang terlibat dalam aktivitas pembelajaran mengalami ketidaksiapan terhadap perubahan spontan dimasa Pandemi Covid 19.

Pelaksanaan system pembelajaran pada satuan pendidkan mengalami perubahan bentuk operasional yang digeneralisasi melalui kebijakan pembelajaran dan mengikut pada kebijakan social, yaitu intruksi social distancing hingga brujung pada himbauan lockdown.Social distancing memberi pembatasan ruang dan waktu terhadap segenap kegiatan rutin dalam system pembelajaran dalam setiap jenjang Pendidikan, mulai pra sekolah, sekolah dasar dan menengah hingga tinggi. Istilah pembelajaran ‘’DARING’’ (PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN) yang sebelumnya sudah sangat familiar dan sering dilakukan, namun sebagai alternatif diantara beberapa bentuk pembelajaran yang lebih efektif.

305 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *