Youtube merupakan situs web dimana orang bisa menyimpan, menonton dan membagikan video kepada publik. Banyak orang begitu tertarik dengan youtube, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orangtua. Tak jarang mereka menjadikan youtube sebagai media belajar, hiburan, informasi, dan berita. Bahkan hanya untuk menghilangkan rasa penat, dengan menonton youtube yang sifatnya menghibur, apalagi dengan kondisi saat ini, dimana manusia disebut sebagai generasi digital, dengan teknologi yang semakin canggih.

Kecanggihan teknologi ini, harus kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan menjadikan youtube sebagai media ajar. Zaman sekarang orang lebih senang menonton video online di youtube, dibandingkan dengan menonton di televisi., karena youtube mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Itulah mengapa orang lebih tertarik untuk menonton youtube. Bahkan penonton youtube sudah mulai menyaingi penonton televisi.

Kontennya juga beraneka ragam, diantaranya ada konten kuliner, kehidupan artis, musik dan game. Belum lagi konten yang berisi sesuatu yang sedang viral, sangat disukai pastinya. Tapi konten pendidikan juga tak kalah menarik, kini sudah banyak konten yang inspiratif dan inovatif.  konten yang seperti itu yang kita butuhkan sekarang dalam dunia pendidikan, agar bisa  membuat materi menjadi lebih menarik dan meningkatkan minat belajar yang baik.

Belajar melalui youtube tidak hanya sebatas mengakses konten pendidikan saja, tapi bisa dengan menonton konten lainnya, contohnya konten kuliner melihat cara memasak, konten olahraga, konten musik mendengarkan lagu sambil bernyanyi, itu juga termasuk ke dalam pembelajaran. Pada intinya kita belajar tidak harus terpaku pada pendidikan formal disekolah, melainkan bisa melalui media lainnya, termasuk youtube.

Youtube juga bisa menjadi sumber informasi yang up to date, berita tentang bencana, kejadian kecelakaan, dan siaran langsung ada dalam situs youtube. Tapi apakah dengan youtube kita bisa mengahsilkan uang? Tentu saja bisa, youtube bisa menjadi sumber penghasilan bagi seseorang jika orang tersebut menjadi youtuber, media promosi untuk berjualan online, sekaligus media dakwah untuk menyampaikan materi keagamaan. Sungguh menguntungkan bukan teknologi saat ini, untuk kemajuan bangsa kita. Beruntunglah kita masih hidup di masa sekarang dan ikut menikmatinya.

Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang, semua kegiatan dilakukan secara online, mulai dari sekolah sampai bekerja. Maka dari itu, kita harus sering mendengarkan berita dan mencari informasi agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan, termasuk menemukan peluang usaha. Banyak jenis peluang usaha yang bisa kita akses dengan teknologi saat ini.             

Teknologi sudah semakin dengat dengan kita, termasuk dengan anak-anak, banyak anak yang sudah mengenal youtube. Balita misalnya, mereka sangat suka dengan youtube. Konten yang berisi kartun dan lagu anak-anak menjadi kegemarannya, mereka bisa belajar sambil bermain, mulai dari mendengar upin ipin mengaji, baby shark bernyanyi dan menonton si tayo bis berwarna-warni. Itulah yang membuat siapa saja tertarik dengan youtube. Dengan adanya youtube memang memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan. Walaupun dampak negatifnya selalu ada, tinggal bagaimana kita dalam menggunakannya saja, gunakan youtube secara bijak, dan jadikan youtube sebagai alternatif pembelajaran untuk kita semua.

256 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *