Sudah hampir satu tahun di semester 2 tahun 2020  pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah mengubah sistem  kehidupan manusia  di segala bidang kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Adanya kebijakan untuk melakukan work from home (WFH), social and physical distancing, mengharuskan masyarakat tetap  di rumah saja, bekerja, beribadah dan belajar di rumah.

Kondisi demikian menurut lembaga perndidikan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Dengan di hapuskannya ujian nasional, belajar di rumah melalui aplikasi tertentu, kuliah daring, bimbingan dan seminar daring merupakan contoh pelayanan bidang pendidikan yang memprcepat penerapan pendidikan era revolusi industri 4.0. dari beberapa kasus di atas menuntut peran teknologi dalam dalam bidang pendidikan di tengan pandemic Covid -19, para tenaga pendidik dan peserta didik di  arapkan dapat menyesuaikan  diri dan mermanfaatkan teknologi

          Mengenal  pembelajaran jaarak jauh (PJJ) adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem sehingga memrlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan ke duanya dan berbagai sumber daya yang di perlukan di dalamnya.

       Munculnya grapik yang terusmeningkat dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi memunculkan peluang maupun tantangan baru dalam dunia pendidikan. Salah satu peluang baru yang muncul adalah akses sumber materi yang lebih luas  terhadap konten multimedia yang lebih kaya, dan berkembangnya metode pembelajaran baru yang tidak lagi di batasi ruang, waktu dan  sumber belajar.

          Pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan utama dalam menyerap materi yang di pilih peserta didik pada masa pandemi. Daring, luring dan blended merupakan cara untuk peserta didik melaksankan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Adaptasi siswa dalam menyerap mteri yang berbeda dengan yang biasa dilakukan merupakan hal yang sangat penting untuk di ketahui. Penguasaan  teknologi dalam menggunakan laptop, whatsap, dan berbagai jenis media yangt bisa di manfaat kan untuk melaksanakan pembelajaran daring menjadi hal yang sangat urgen. Apapun bentuk proses pembelajaran baik daring, luring maupun blended harus tetap di laksanakan  agarn pemblajaran tetap berjalan.          Untuk itu peran guru, orangtua/wali dan peserta didik harus bkerja sama untuk menumbuhkan semangat belajar yanmg tinggi serta mencari problem solving dalam mengatasi berbagai kendala yang di hadapi peserta didik dalam menyerap materi baik daring, luring mauoun blended. Peseerta didik harus tetasp belajar di masa pandemi Covid-19 ini guna menjawab semua tantangan menuju era revolusi industry 4.0. dan menghasilkan output kemandirian siswa dalam belajar saat di sekolah maupun di luar sekolah.

290 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *