Internet of Things (IoT) adalah paradigma baru yang mengubah cara hidup tradisional menjadi gaya hidup berteknologi tinggi. Kota pintar, rumah pintar, pengendalian polusi, penghematan energi, transportasi pintar, industri pintar adalah transformasi semacam itu karena IoT. Banyak penelitian dan investigasi penting telah dilakukan untuk meningkatkan teknologi melalui IoT. Namun, masih banyak tantangan dan masalah yang perlu ditangani untuk mencapai potensi penuh IoT. Tantangan dan masalah ini harus dipertimbangkan dari berbagai aspek IoT seperti aplikasi, tantangan, teknologi yang memungkinkan, dampak sosial dan lingkungan, dll.

Kemunculan teknologi IoT menjadi sebuah tantangan dan kebutuhan teknologi yang canggih untuk terciptanya teknologi dimasa depan. Oleh karena itu, pengembang IoT perlu memikirkan masalah baru yang muncul dan harus memberikan solusi untuk teknologi yang lebih update.

Keterlibatan sistem berbasis Internet of Things (IoT) dalam semua aspek kehidupan manusia dan berbagai teknologi yang terlibat dalam transfer data antar mesin dengan memanfaatkan sensor membuatnya menjadi kompleks. Sehingga, dapat dikontrol dengan perangkat seperti ponsel ataupun perangkat pintar lainnya sehingga menghasilkan data akurat secara realtime yang dapat mempermudah penggunanya dalam memantau pekerjaan dimanapun tanpa harus berada dekat dengan perangkat aslinya.

Internet of Things meskipun tergolong canggih namun masih mempunyai kelemahan dikarenakan semua perangkat sudah berbasis cloud atau istilah di masyarakat awam disebut internet, salah satu masalah yang paling penting dan menantang di IoT adalah keamanan dan privasi karena beberapa ancaman, serangan dunia maya, risiko, dan keamanan. Masalah yang menimbulkan privasi tingkat perangkat adalah otorisasi dan otentikasi yang tidak memadai, perangkat lunak yang tidak aman, firmware, antarmuka web, dan enkripsi lapisan transport yang buruk, sedangkan masalah keamanan dan privasi adalah parameter yang sangat penting untuk mengembangkan kepercayaan dalam sistem IoT sehubungan dengan berbagai aspek. Masalah lain bagi pengembang Internet of Things (IoT) adalah hak etika, hukum, dan peraturan. Ada aturan dan peraturan tertentu untuk menjaga standar, nilai-nilai moral dan untuk mencegah orang dari melanggarnya. Etika hukum dan aturan serta batasan tertentu yang diputuskan oleh pemerintah. Namun, baik etika maupun hukum dirancang untuk menjaga standar, kualitas, dan mencegah orang dari penggunaan ilegal. Dengan perkembangan IoT, beberapa masalah kehidupan nyata terpecahkan tetapi juga menimbulkan tantangan etika dan hukum yang kritis.

188 Views
2 thoughts on “GLS BERLIAN : Iman Hidayat, A.Md.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *